1000_hari 1

1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

HIGHLIGHT on Healthy Lifestyle: Buumi Playscape membahas secara menarik topik 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak Demi Proses Tumbuh Kembang yang Sempurna pada tanggal 2 Agustus, 2018. Buumi Playscape merupakan sebuah pusat kegiatan anak usia dini mengangkat tema 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak guna diterapkan ke dalam program- program yang dihadirkan untuk seluruh anggota keluarga melalui program belajar dan bermain.

Masih minimnya pengetahuan mengenai pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak menjadi landasan pengembangan ide dari Buumi Playscape untuk lebih gencar mengkomunikasikan pesan tersebut.

Talla Aryanto B.A. Psy, M.A. ECE salah satu founder dari Buumi Playscape yang juga merupakan praktisi pendidikan anak usia dini mengungkapkan “Kami percaya bahwa bermain dan belajar adalah hak dari setiap anak di seluruh penjuru dunia, namun agar mereka dapat memaksimalkan proses belajar dan bermain tersebut, mereka harus memiliki fisik yang kuat untuk menunjang proses pembelajaran.

Oleh karena itu, mengangkat topik ini sebagai bagian dari visi dan misi Buumi Playscape untuk melestarikan bangsa”. Singkatnya, 1000 hari itu terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Pada masa ini, nutrisi yang diterima oleh bayi sejak saat dalam kandungan ibu, hingga bayi lahir sampai berusia 2 tahun, memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat mereka bertumbuh kembang menjadi manusia dewasa.

Tidak terpenuhinya nutrisi yang tepat pada periode ini akan menyebabkan tidak optimalnya tumbuh kembang seorang anak yang akan mempengaruhi kualitas kesehatannya seumur hidup. Pemberian nutrisi yang baik membuka potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia setiap tahunnya, dengan menurunkan risiko kekurangan gizi, pendek, obesitas, dan diabetes. Ketika anak lahir dan kemudian tumbuh dan berkembang ada banyak cara yang dapat ditempuh guna menstimulasi perkembangannya. Penggiat anak usia dini dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni, S.Psi menjelaskan bahwa “Dunia bermain merupakan landasan awal dari proses belajar anak. Dengan dilandasi cinta dan kasih sayang, mulailah melakukan stimulasi sedari dini terhadap anak Anda melalui kegiatan menyenangkan seperti bernyanyi, bergerak bebas, atau membaca buku. Percayalah, bermain bersama anak dapat mendukung perkembangan anak menjadi optimal” Kurangnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga mengenai 1000 hari pertama kehidupan adalah faktor yang dapat memengaruhi status gizi seorang anak serta aspek tumbuh kembangnya.

Anak yang mengalami gangguan gizi pada periode 1000 hari pertama kehidupan akan berdampak pada perkembangan otak yang tidak optimal sehingga kemampuan kognitif dan pendidikannya akan menurun. Selain itu pertumbuhan fisik pun tidak optimal sehingga anak menjadi stunting/pendek, dan perkembangan organ metaboliknya pun tidak optimal sehingga berisiko mengalami berbagai penyakit di kemudian hari seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK menjelaskan “Kurangnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga mengenai 1000 hari pertama kehidupan adalah faktor yang memengaruhi status gizi seorang anak serta aspek tumbuh kembangnya. Contoh yang banyak terdeteksi di Indonesia adalah kasus stunting dimana terjadi penghambatan pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh kecil dan pendek”.

Menurut salah satu pembicara, Andien Aisyah terus memantau perkembangan sang anak, Kawa dalam 1000 hari pertamanya. Ia pun semakin gencar mengkomunikasikan program ini bagi ibu muda. Akan halnya 1.000 hari kehidupan yang harus ditingkatkan, Andien sendiri bilang kalau ia baru tahu 1.000 hari kehidupan di usia kehamilan enam bulan.

1000_hari 2
Asupan gizi yang baik, proses stimulasi yang cukup dan seimbang, didampingi oleh pengetahuan mengenai psikologis anak dan juga kasih sayang dalam keluarga adalah halhal yang dapat mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak pada 1000 hari pertama kehidupan mereka. Andien Aisyah, seorang musisi dan juga ibu dari satu orang anak mengungkapkan suka cita dalam menyambut visi dan misi Buumi Playscape untuk lebih menggencarkan penyebaran informasi mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan “Dari semenjak hamil Kawa, saya dan suami sepakat untuk gigih dalam mencari informasi mengenai cara untuk memaksimalkan 1000 hari pertama kehidupannya. Di usia Kawa yang sekarang saya berusaha untuk memberikan quality time sembari menstimulasi tumbuh kembangnya. Bermain sambil belajar menjadi momen-momen indah yang kami lalui setiap harinya.

Oleh karena itu, kami senang ketika ada tempat seperti Buumi Playscape yang menyediakan fasilitas mendukung dan kelas-kelas menarik yang dapat membantu saya menstimulasi tumbuh kembang Kawa dan juga kemampuan Kawa dalam bersosialisasi.” Kedepannya Buumi Playscape berencana untuk membuat rangkaian workshop dan inisiatif khusus yang mengusung tema 1000 Hari Pertama Kehidupan agar keluarga Indonesia dapat berkembang menjadi keluarga yang sehat, bahagia, dan sejahtera.

I-Now