Mexico Day 2018a

September, Hari Kemerdekaan Meksiko

HIGHLIGHT on National Day: Pada 16 September 2018, warga negara Meksiko memperingati perayaan kemerdekaan nasional ke-208nya, dengan mengadakan perayaan di setiap kota atau tempat yang dihuni di negara tersebut, serta di setiap Kedutaan Besar atau Konsulat Meksiko yang berada di negara-negara sahabat.

Di kota Jakarta, perayaan kemerdakaan berlangsung di Kediaman Meksiko, di Patra Kuningan. Dalam pidatonya pada kesempatan itu, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia – H.E. Armando G. Álvarez menekankan begitu banyak persamaan dan kedekatan yang ada antara Meksiko dan Indonesia, baik dalam masalah kebijakan domestik maupun kebijakan luar negeri.

Meski luas wilayah Meksiko sedikit lebih besar daripada negara Indonesia, namun dalam hal budaya banyak memiliki persamaan bagai saudara yang secara demograpi terpisah jarak sangat jauh. Beliau juga menyebutkan potensi yang tinggi dari kedua negara untuk pertukaran ekonomi, perdagangan, wisata dan budaya.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat senior pemerintah Indonesia, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, yang ditunjuk sebagai wakil dari Pemerintah Indonesia untuk perayaan ini. Dihadiri pula oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir. Perayaan ini dihadiri pula oleh banyak tokoh dari berbagai media, dunia bisnis dan budaya lokal, serta anggota korps diplomatic, serta komunitas Meksiko yang tinggal di negara ini.

Perayaan tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-65 dari pembentukan hubungan diplomatik antara Meksiko dan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Djalil juga menyampaikan pidato atas hubungan erat yang bertahan antara Meksiko dan Indonesia selama dekade terakhir, serta hubungan erat antara pemahaman dan kerja sama yang menyatukan kedua negara.

Pada acara ini, ditawarkan berbagai macam hidangan dari berbagai daerah di Meksiko dan dihibur oleh band local Heritage Band, yang dengan sempurna telah menampilkan repertoar lagu-lagu Meksiko. Perayaan itu juga mendapatkan sponsor yang murah hati dari beragam perusahaan yang ada di Meksiko, serta perusahaan-perusahaan Meksiko yang ada di Indonesia, seperti Indorama dan Mayora; José Cuervo, Tequila La Sierra dan El Jimador, serta Bir Corona, La Costeña, Mission Gruma dan dua restoran Meksiko yand ada di Jakarta: La Hacienda dan Casa México.

I-Now