IFIFestFilmPerancisUtama1

“Penghulu” a film by DESTRI

Kompetisi Film Pendek Nasional yang diselenggarakan oleh Festival Film Prancis 2012 telah berakhir pada tanggal 10 November 2012. Pemenang Utama Kompetisi Film Pendek Nasional adalah “Penghulu” a film by Destri Tsurayya, produksi Forum Film Pelajar Bandung tahun 2012.

Sebagai hadiahnya, Destri Tsurayya, sang sutradara mendapatkan hadiah berupa perjalanan ke Festival Film Pendek Internasional terbesar di dunia yakni di kota Clermont-Ferrand, Prancis.

Malam penganugerahan: Senin, 10 Desember 2012 pk.19.00
Tempat: Studio 1 Cinema XXI Plaza Indonesia

Kompetisi Film Pendek Nasional Festival Sinema Prancis 2012 yang telah dibuka sejak September dan ditutup pada tanggal 10 November 2012.  Sebanyak 69 film pendek dari berbagai daerah di Indonesia terdaftar sebagai peserta dalam kompetisi ini.

Melalui proses seleksi awal, terpilih 10 Finalis Kompetisi Film Pendek Nasional. Kesepuluh finalis ini berkompetisi sepanjang Festival. Film-film pendek karya sineas muda Indonesia ini diputar selama dua hari di Kine Forum dan IFI Salemba. Juga, film-film pendek ini diputar di Cinema XXI sebagai pembuka film-film Prancis selama Festival.

Hadiah berangkat ke Festival Film Pendek Internasional Clermont-Ferrand ini berguna untuk memperluas jaringan dan pengalaman Sutradara pemenang kompetisi film pendek nasional, sebagai sineas.

Film pendek “Penghulu” memenuhi tiga kriteria yaitu:
– mengutamakan kesederhanaan dalam bercerita
– mampu memotret realitas keseharian
– menyajikan cerita dengan baik dan teknis serta artistik

Ketiga kriteria tersebut yang menjadi pegangan utama dalam menyeleksi film-film yang masuk. Namun kejelian dalam menentukan sikap dalam berkarya, menjadi nilai lebih bagi film ini.

Selain “Penghulu” sebagai Pemenang Utama, Film pendek berjudul “Waktu Kunjung Pacar” Pemenang Film Pilihan Penonton karya Nizar, produksi Sinematografi UI tahun 2012, berhasil memenangi Kompetisi untuk kategori pilihan penonton. Sebagai hadiahnya, Nizar mendapat gadget berupa Samsung Galaxy Tab 2.

Selamat kepada para pemenang yaitu Destri Tsurayya, sang sutradara “Penghulu” dan kepada Nizar, sang sutradara “Waktu Kunjung Pacar”.