GalNas 2a

The World Without Us

HIGHLIGHT on Education & Architecture: Galeri Nasional Indonesia bersama ~ sama dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia menggelar Pameran “The World Without Us”. Sebagai salah satu bagian dari rangkaian perayaan 50 tahun Arsitektur Universitas Indonesia. Dikuratori Prof. Yandi Andri Yatmo, S.T., M.Arch., Ph.D. (Kepala Departemen Arsitektur Universitas Indonesia).

Pameran ini menyajikan kolaborasi unik antara seni arsitektur dan senirupa yang diterjemahkan ke dalam 177 karya instalasi, maket, dan visualisasi lainnya (foto, teks, diagram, dll.) yang merupakan karya terbaik mahasiswa S1, S2, serta Program Profesi Departemen Arsitektur ~ Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Inilah bukti peran penting arsitek untuk mengharmonisasikan kebutuhan manusia dan sumber daya yang terbatas.

Berlangsung sejak 27 Januari ~ 4 Februari 2016 di Gedung C Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini menampilkan 177 karya terbaik mahasiswa S1, S2, serta Program Profesi Departemen Arsitektur ~ Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

GalNas Karya 6aMelaui AFAIR 2016, mahasiswa Departemen Arsitektur UI berupaya untuk menyampaikan peran penting ‘arsitek’ untuk mengharmonisasikan kebutuhan manusia dan sumber daya yang terbatas. Pameran ini serta~merta mengajak seluruh masyarakat untuk lebih memahami pentingnya menjalin kehidupan yang berkelanjutan (sustainable) dengan lingkungan sekitar.

Sebagai kelanjutan dari pre~event yang telah dilaksanakan sebelumnya di Kampus UI Depok pada September 2015 yang lalu, pagelaran utama ini akan membawa tema besar “The World without US” yang menggaris~bawahi perlunya bersikap responsif terhadap konteks, baik sumber daya dan kebutuhan manusia. Selain instalasi, maket, dan visualisasi lainnya, AFAIR akan menyajikan konten dalam bentuk desain pameran yang dikemas dengan menarik dan artistik.

GalNas Karya 4a

GalNas Karya 5a

Selain itu, AFAIR juga akan mengadakan kuliah terbuka yang akan diisi oleh Irianto Purnomohadi serta talkshow bersama Achmad Noerzaman, Muhammad Thamrin, serta Gigih Nalendra yang akan dilaksanakan pada 30 Januari. Selain itu, juga akan diadakan puncak dari sayembara desain “i-Shelter”, berupa presentasi akhir dan penjurian oleh Eko Prawoto, Budi Sukada, serta M. Nanda Widyarta pada 31 Januari. Sayembara tersebut telah dimulai sejak September 2015 dan diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia dan memiliki latar belakang bidang pendidikan yang beragam.

Tentang Architecture UI Fair (AFAIR) 2016
GalNas Karya 2aKegiatan AFAIR Universitas Indonesia pada tahun~tahun sebelumnya telah dilaksanakan di berbagai tempat seperti Grand Indonesia Shopping Mall,
Cilandak Town Square, FX Sudirman, dan Kemang. Berbagai pembicara dan juri yang pernah diundang meliputi nama~nama besar seperti Jay Subiakto, Andra Matin, Dik Doank, Achmad Noerzaman, Budi Pradono, dan berbagai tokoh lainnya.

Pameran ”The World Without Us” ini didukung oleh Galeri Nasional Indonesia, Kementerian Riset  & Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Pendidikan GalNas Karya 3adan Budaya Republik Indonesia.

Kegiatan pameran tahunan yang menunjukkan berbagai karya studi perkuliahan mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior Universitas Indonesia. Karya~karya mahasiswa yang ditampilkan memiliki keunggulan dalam mencitrakan perancangan arsitektur yang memiliki keharmonisan antara konsep, aspek kebutuhan manusia serta lingkungan.

Berbagai karya arsitektur yang dikemas dengan visualisasi yang menarik ini akan memberikan gambaran dan pengetahuan akan arsitektur  kepada masyarakat luas. Dalam rangka melakukan selebrasi terhadap kreatifitas di bidang arsitektur,  AFAIR Universitas Indonesia telah mengadakan kompetisi desain yang bertemakan ”The World Without Us”.

I-Now