RESONATION - SESI EKA LORENA,GRACE NATALIE, STEFANIE KURNIADI 2

Resonation 2018

HIGHLIGHT on Education: Resonation International Woman Empowerment Conference kembali diselenggarakan untuk kedua kalinya di The Kasablanka tanggal 1 Desember 2018 dengan mengangkat tema “Build Your Own Door”.

Resonation adalah sebuah konferensi tahunan di bidang pemberdayaan perempuan yang bertujuan menjadi wadah bagi perempuan di wilayah Asia-Pasifik untuk dapat bertemu, berjejaring, belajar dan saling mendukung satu sama lain, memfokuskan kembali dan menemukan kembali jati diri untuk menuju hidup yang penuh dengan tujuan. Foto diatas saat sharing pengalaman bersama Eka Lorena, Grace Natalie, Stefanie Kurniadi.

Topik “Build Your Own Door” yang dipilih tahun ini, Nina Moran (foto disebelah kanan bawah), Co-Founder Resonation Nina Moran 3Resonation saat jumpa pers mengatakan, “Di era media sosial, kita seringkali terpapar dengan cerita hidup orang lain yang terkesan jauh lebih maju, lebih sukses dan lebih banyak mendapatkan kesempatan. Sementara itu, kita kerap berkecil hati, merasa menghadapi begitu banyak tantangan, bersaing dalam kompetisi yang begitu ketat, seakan ada beribu jalan buntu dan dinding tinggi yang menutup kesempatan untuk meraih mimpi.”

Resonation 2018: “Build Your Own Door” mengajak perempuan Indonesia untuk merenungkan kembali kekhawatiran mereka, mengubah perspektif dan mengembalikan fokus untuk mencapai mimpi dan aspirasi mereka. “Resonation memberikan akses kepada peserta untuk mendengarkan journey dari perempuan-perempuan inspiratif lainnya dan belajar dari pengalaman mereka.

Di sini kami tidak hanya akan berbagai cerita sukses, tapi juga cerita kegagalan. Kegagalan adalah bagian dari proses, yang penting adalah kemauan untuk menjadi lebih baik dengan tidak berhenti belajar, tidak malu untuk meminta bantuan dan ketika pintu kesempatan tidak kunjung terbuka, berani untuk ciptakan kesempatan sendiri,” ujar Nina.

Tahun ini, Resonation juga kembali membuka sesi refleksi untuk peserta dimana mereka berkesempatan untuk dapat belajar dan berdiskusi dengan 100 Indonesian women leaders dan mendapatkan pandangan baru tentang bagaimana memberdayakan diri untuk meraih mimpi.

Di akhir acara, peserta diharapkan memiliki wadah dan terkoneksi dengan komunitas yang bisa saling menginspirasi dan saling mendorong.

Lebih istimewa dari tahun sebelumnya, Resonation tahun ini dilengkapi dengan rangkaian “Satellite Class” yang dilakukan sebelum dan sesudah acara. “Satellite Class” merupakan sesi berbagi dengan konsep serupa Resonation yang diselenggarakan bagi komunitas-komunitas lokal di Indonesia.

Resonation percaya sudah saatnya perempuan Indonesia berdiri dan menunjukkan jati dirinya, utamanya karena masa depan pertumbuhan ekonomi dunia terletak di Asia. 60% populasi dunia tinggal di Asia Pasifik dan mata dunia tertuju pada bagaimana kawasan ini memiliki potensi yang sangat kuat untuk mengembangkan perekonomian dunia.

Di Indonesia, perempuan terbukti secara konsisten menjadi pemain utama industri kreatif sejak 2011 hingga 2016. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menunjukkan persentase perempuan di sektor ini sebesar 53,86 persen. Pengusaha perempuan memiliki angka keterwakilan sebesar 54,96 persen, sementara laki-laki hanya 45,04 persen.

Resonation memiliki komitmen panjang untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan di Indonesia. Resonation percaya ada banyak perempuan Indonesia hebat di luar sana, dimana empowered women empowers each other. “Ketika 100 pemimpin perempuan berkumpul bersama ribuan perempuan hebat lain yang mau berdaya dan membuat perubahan dalam diri mereka masing-masing, ada energi berbeda yang akan membuat kita merasa empowered,” tutup Nina.

Resonation menghadirkan 6 Pembicara Utama dari lokal dan internasional dengan latar belakang yang beragam, yaitu:
1. Idil Ahmed (motivator dan penulis buku)
2. Gretta Van Riel (pengusaha yang masuk dalam daftar Forbes 30 under 30)
3. Maya Hasan (musisi)
4. Grace Natalie (politikus)
5. Eka Sari Lorena (pengusaha)
6. Stefanie Kurniadi (pengusaha)

Tentang Resonation
Resonation adalah sebuah konferensi tahunan di bidang pemberdayaan perempuan yang memiliki tujuan untuk menjadi wadah bagi perempuan di seluruh Asia-Pasifik untuk dapat bertemu, berhubungan, belajar, mendukung satu sama lain, memfokuskan kembali, dan menemukan jati diri, menuju hidup yang penuh dengan tujuan. Resonation pertama kali dilaksanakan tahun 2017 dengan tema ‘What’s Stopping You’ yang dihadiri oleh 1.453 peserta.

Related article:

Happening Gallery of Resonation 2018

I-Now