GNI Kami Sketsa (1a)

Kami Sketsa

HIGHLIGHT on Art and Education: Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program pendidikan terbaru berupa Program Publik Galeri Nasional Indonesia yaitu “KamiSketsa”.

Program Publik ini merupakan layanan edukasi di bidang senirupa, yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, wawasan dan kreativitas, serta meningkatkan daya apresiasi senirupa kepada masyarakat luas.

Kami Sketsa diambil dari istilah ‘kami–sketsa’ yang artinya kami menggambar sketsa, dan Kami Sketsa yang berarti bersama menggambar sketsa setiap hari Kamis. Program yang mengkolaborasikan kegiatan edukasi dan kreasi ini menjadi media yang menyediakan ruang kreasi bagi publik untuk terlibat langsung dalam melakukan proses kreatif, khususnya berkreasi dengan sketsa.

GNI Kami Sketsa (15a)
GNI Kami Sketsa (12a)
Program pendidikan sketsa ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung, tidak hanya bagi yang telah mahir menggambar sketsa saja, namun juga bagi siapa pun tanpa batasan usia yang tertarik dan ingin menggambar sketsa. Perbedaan pengetahuan dan jam terbang dalam menggambar sketsa justru menjadi suatu media bagi para peserta untuk bertukar gagasan dan pengalaman dalam suasana diskusi yang hangat dan cair.

Dituturkan Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus ‘Andre’ Sukmana, dengan digelarnya Kami Sketsa diharapkan dapat memunculkan inspirasi dan motivasi untuk terus mengasah kreativitas, khususnya menggambar sketsa.

GNI Kami Sketsa (8a)
GNI Kami Sketsa (6a)
Selain itu, program ini diharapkan dapat mendorong pewarisan keahlian senirupa khususnya sketsa kepada generasi muda, sehingga senirupa Indonesia semakin berkembang. Kami Sketsa juga diharapkan menjadi sarana agar publik dapat mengenal lebih dekat Galeri Nasional Indonesia tidak hanya sebagai wadah berpameran saja, melainkan juga sebagai ruang apresiasi dan berkreasi bagi publik.

I-Now