GNI Menyigi Masa 1

Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional

Highlight on Art & History: Menyigi Masa merupakan pameran utama yang diprakarsai dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam pameran ini menampilkan karya-karya koleksi negara hasil olah artitisk para perupa Indonesia yang dikelola dan dikoleksi oleh lembaga/instansi yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

Gelaran ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempublikasikan karya-karya koleksi negara dan menunjukkan kekayaan dan khazanah budaya bangsa GNI Menyigi Masa 2khususnya melalui karya rupa. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat mengapresiasi, mendapatkan informasi/pengetahuan tentang karya-karya koleksi negara, serta mengenal lebih dekat tokoh-tokoh penting dalam perkembangan sejarah seni rupa Indonesia.

Hal tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap seni rupa Indonesia sekaligus membangun kesadaran tentang pentingnya karya-karya koleksi negara beserta para perupa sebagai kreatornya yang merupakan bagian penting dalam proses perkembangan dan pembangunan negara. Karya dibawah oleh Affandi ~ Bunga Matahari.

GNI Menyigi Masa-Affandi-Bunga Matahari 2
Pusat Dokumentasi dan Informasi Seni Rupa
Menurut Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto, pameran ini dipandang dari sisi kelembagaan merupakan wujud implementasi dari tugas dan fungsi Galeri Nasional Indonesia dalam melaksanakan pameran, menjalin kemitraan, dan memberikan pelayanan edukasi di bidang seni rupa kepada masyarakat luas. Hal GNI Menyigi Masa Koleksi UP Museum Kesejarahan-J.C. Baud2tersebut menjadi salah satu upaya dalam merepresentasikan Galeri Nasional Indonesia sebagai pusat dokumentasi dan informasi seni rupa. Karya seni sebelah kanan koleksi UP Museum Kesejarahan~J.C. Baud.

Tahun 2018, Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional merupakan pameran perdana yang melibatkan Museum Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh; Dewan Kesenian Jakarta; dan Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Karya-karya yang ditampilkan merupakan karya-karya koleksi keempat lembaga/instansi tersebut yang telah menjadi koleksi negara. Karya-karya tersebut disajikan dan dikemas dalam tajuk “Menyigi Masa”.

Menyigi Masa
Diungkap Kurator Suwarno Wisetrotomo, pameran “Menyigi Masa” merupakan upaya sangat awal untuk menyigi ~ menginvestigasi, mencatat, menyiangi, dan GNI Menyigi Masa Museum Aceh-A. D. Pirous 2menerangjelaskan– karya-karya yang terhimpun (terkoleksi) dalam berbagai institusi negara, yang bisa dicatat sebagai Karya Seni Rupa Koleksi Negara (state collection). Karya seni sebelah kiri merupakan koleksi Museum Aceh ~ A. D. Pirous.

Karya-karya itu perlu dilacak, dicatat, dan dihadirkan kepada khalayak ramai. Terkait dengan ‘kesaksian seniman terhadap gerak zaman’, dan karya-karya sebagai fakta benda, fakta mental, dan fakta sosial, maka antara karya yang satu dengan karya yang lainnya memiliki pertautan sejarah.

Setiap karya merupakan serpihan puzzle sejarah yang perlu dicarikan pasangan rangkaiannya. Aspek lainnya yang juga penting adalah narasi tentang sejarah pengoleksian, relasi dengan peristiwa tertentu, perkembangan, gaya, dan lainnya, sebagai upaya memaknai setiap karya dengan konteks zamannya.

Ke–Indonesia–an
Melalui karya-karya koleksi institusi negara – dengan sendirinya menjadi koleksi negara – berpeluang untuk melengkapi sejarah Indonesia melalui karya-karya seni GNI Menyigi Masa-Fadjar Sidik-Dinamika Keruangan 2rupa. Dengan demikian maka akan membicarakan pula peran-peran seniman (perupa) dalam konteks berjuang dan menjadi Indonesia, serta segala hal yang terkait dengan ke-Indonesia-an. “Aspek peran dan makna seniman beserta karya seninya – dalam konteks Indonesia dan ke–Indonesia–an – itulah yang saya maksud sebagai mata rantai yang hilang. Karya seni sebelah kanan oleh Fadjar Sidik ~ Dinamika Keruangan.

Pameran ini berupaya melacak, mengivestigasi, dan menyiangi artefak-artefaknya – yang tangible dan yang intangible – agar bisa menandai sebagai mata rantai yang lepas, untuk kemudian menyambungkannya,” tegas Suwarno.

Ditambahkan Rizki A. Zaelani yang juga Kurator pameran ini, “Menyigi Masa” hendak menggarisbawahi dua maksud penting memulai penjelajahan apresiatif yang bisa kita lakukan bersama. Istilah ‘menyigi’ menjelaskan soal laku meneliti secara teliti, menerangi (sehingga menjadi jelas), bahkan mengorek untuk memperoleh penjelasan yang bermanfaat, ihwal soal yang berada di balik karya maupun proses kreasi yang melatarbelakangi penciptaan sebuah karya, bahkan juga mengenai kisah tentang keberadaan sebuah karya hingga masa kini. Karya dibawah oleh Subandi Giyanto ~ Rebut Balung tanpa Isi.

GNI Menyigi Masa-Subandi Giyanto-Rebut Balung tanpa Isi 2
Persoalan ‘masa’ inilah yang memiliki wilayah pemaknaan yang luas dan meluas. Tentang ‘masa’, yang berkaitan dengan persoalan waktu, adalah bilah persoalan dengan banyak segi makna-maknanya. Secara umum, karya-karya yang dipamerkan ini menunjukkan tiga kerangka pemahaman tentang persoalan masa (waktu), yaitu:

(a) makna waktu dalam kenangan peristiwa sejarah;
(b) makna waktu dalam kerangka pengalaman subjektif mengenai realitas dan lingkungan alam maupun kejadian-kejadian hidup; serta
(c) makna waktu dalam penciptaan karya-karya yang diilhami oleh ajaran nilai yang bersumber dari agama, mitologi, dan tradisi budaya.

“Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional ‘Menyigi Masa’ pada dasarnya hendak menyiangi makna-makna penting mengenai pengalaman hidup kita secara kolektif sebagai sebuah bangsa melalui titik-titik penting proses dan hasil penciptaan karya seni rupa dalam wawasan pemikiran maupun perasaan para seniman Indonesia,” kata Rizki.

Sebagai penajaman wacana, pameran dilengkapi dengan Diskusi Seni Rupa bertema “Karya Seni Rupa Koleksi Negara yang Terbarukan”. Diskusi ini menghadirkan narasumber Rizki A. Zaelani (Kurator Pameran Seni Rupa Koleksi Nasional “Menyigi Masa”) dan Irawan Karseno (Ketua Pengurus Harian Dewan Kesenian Jakarta). Sedangkan sebagai moderator adalah Yusuf Susilo Hartono (Wartawan Seni). Diskusi ini menghadirkan para peserta dari lembaga-lembaga/instansi yang terlibat langusng dalam pengelolaan koleksi karya seni rupa.

Dengan menyaksikan karya koleksi nasional dalam pameran ini, Pustanto berharap Galeri Nasional Indonesia dapat menjadi fasilitator dalam memperkenalkan kembali karya-karya seni rupa koleksi nasional kepada publik luas, sehingga publik memiliki kesempatan untuk mengapresiasi karya-karya seni rupa Indonesia yang disajikan secara artistik. Selain itu juga diharapkan masyarakat dapat menggali informasi dan memperoleh pengetahuan, baik tentang kekaryaan maupun profil para perupa Indonesia. Lebih lanjut gelaran ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan menggugah masyarakat untuk terus bereksplorasi dan turut mengembangkan seni rupa Indonesia.

KURATOR
Suwarno Wisetrotomo & Rizki A. Zaelani

ASISTEN KURATOR
Teguh Margono & Bayu Genia Krishbie

DIDUKUNG OLEH
Museum Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh
Dewan Kesenian Jakarta
Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

PERUPA
41 perupa Indonesia

KARYA
61 karya (lukisan, patung, dan grafis)

PAMERAN
11 – 28 Oktober 2018 | Pukul 10.00 – 19.00 WIB | di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia

I-Now