Mexico Día de Muertos 1a

Día de Muertos

Highlight on Art & Culture: Setiap tahun pada akhir bulan Oktober hingga hari-hari pertama bulan November, dirayakan Hari Kematian di Meksiko, yaitu sebuah tradisi untuk menghormati kehidupan orang-orang yang kita cintai yang telah tiada.

Pada tanggal 1 November lalu, Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia, bersama dengan Pusat Kebudayaan, Empu Sendok Arts Station, menyelenggarakan acara “Hiduplah Hari Kematian Meksiko”.

Catrina, sebuah kerangka wanita yang dibuat oleh ilustrator asal Meksiko, José Guadalupe Posada pada awal abad ke-20, telah dijadikan sebagai simbol untuk perayaan tersebut. Perayaan ini merupakan proses perpaduan dari beberapa paham-paham kepercayaan antara keyakinan pra-Hispanik dan agama yang dibawa oleh para penjajah melalui agama Katolik.

Mexico Día de Muertos  2a
Salah satu elemen utama dari Hari Raya Kematian adalah penempatan altar atau persembahan khusus untuk sanak keluarga, teman dan orang-orang yang bermakna dalam kehidupan kita. Altar-altar ini bukan untuk memuja orang meninggal, melainkan sebagai sebuah persembahan berupa cinta dan kenangan kita kepada orang-orang terkasih.

Mexico Día de Muertos  5a
Diyakini bahwa selama perayaan ini, jiwa orang yang sudah meninggal akan mengunjungi yang masih hidup. Ini merupakan sebuah momen reuni, sebagai momen untuk merenungkan siklus hidup, juga sebagai kesempatan dalam merefleksikan mengenai kehidupan kita, warisan kita, nenek moyang kita serta makna dan tujuan dari keberadaan diri kita sendiri.

Perayaan ini bahkan dapat dianggap sebagai gurauan, dengan tengkorak dan kata-kata yang disebut dengan “calaveritas”, yang dikarang untuk mengenang orang-orang yang sudah meninggal dan bahkan tentang dugaan kematian orang yang masih hidup. Selain itu, tempurung tengkorak yang terbuat dari tanah liat dan gula digunakan sebagai dekorasi.

Hari Raya Kematian memberikan sebuah gambaran tentang bagaimana orang-orang Meksiko menghadapinya. Karena kekayaan leluhurnya, vitalitas dan kreativitasnya saat ini, Day of the Dead telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya yang tidak berwujud.

Mexico Día de Muertos  4a
Setiap tahun semakin banyak orang yang tahu tentang tradisi Meksiko tersebut, mengenai asal-usul dan maknanya, serta dapat membedakan unsur-unsur perayaan tradisi ini yang tidak ada kaitannya dengan hari perayaan Halloween.

Perayaan tersebut disertai dengan hidangan Meksiko dan roti kematian. Acara ini dihadiri oleh para duta besar dari Ibero-Amerika, para Diplomat, para budayawan dan berbagai awak media.

I-Now