GalNas Srihadi Soedarsono 7a

70 Years Journey of Roso ~ Srihadi Soedarsono

HIGHLIGHT on Art: Srihadi Soedarsono ~ Maha karya seorang maestro seni rupa Indonesia. Sejarah seni rupa Indonesia akan mencatatkan sejarah penting dari pameran maha karya seorang maestro seni rupa Indonesia, Srihadi Soedarsono. Pameran tunggal dengan tajuk “70 Tahun Rentang Kembara Roso”.

Pembukaan pameran sekaligus  peluncuran buku “70 Years Journey of Roso” dilaksanakan pada 11 Februari 2016 akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan.

GalNas Srihadi Soedarsono 2a

Berlangsung pada 11-24 Februari 2016 di ruang pamer Hall A, Galeri Nasional Indonesia, menyajikan sedikitnya 450 karya cat cair, sketsa, drawing di atas kertas dan tidak lebih dari 7 lukisan di atas kanvas. Ratusan karya medium kertas ini merupakan arsip karya Srihadi Soedarsono yang didokumentasi dari rentang era Revolusi (1946) hingga Reformasi (2016). Pameran tunggal tersebut dapat dikatakan sebuah pameran retrospektif dimana masyarakat dapat melihat, belajar dan mengamati perkembangan karya Srihadi Soedarsono di atas media kertas.

Pameran Tunggal Srihadi Soedarsono yang sarat dengan pendidikan seni ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Anies Baswedan, Ph.D dan dikurasi oleh Dr. A. Rikrik Kusmara, M.Sn.

GalNas Srihadi Soedarsono 3a

Bapak Anies Baswedan menegaskan bahwa pameran besar seni rupa ini merupakan kesempatan berharga sebagai sarana komunikasi, apresiasi, dialog budaya lewat bahasa estetika. Karya beliau sungguh memberikan banyak isnpirasi tentang potensi kreatif pelaku seni Indonesia yang diakui dunia saat ini dan menjadi bagian dari simpul intelektualitas dunia mengenai kemanusiaan yang dituangkan di dalam bahasa seni. Gambar atas dihadiri oleh Bapak Robert O. Blake, Duta Besar Amerika Serikat berserta istri.

Dengan selalu membawa ciri-ciri identitas ke-Indonesiaan, Srihadi Soedarsono turut memajukan peradaban bangsa di kancah internasional. Diharapkan pameran iniakan melahirkan seniman-seniman Indonesia lainnya yang menyuarakan pesa-pesan kemanusiaan dari bangsa ini untuk perdamaian dunia.

GalNas Srihadi Soedarsono 4a

Srihadi Soedarsono sendiri menyatakan bahwa kertas-kertas tersebut sangat berharga bagi beliau karena bagian dari sejarah karir sebagai seniman. Beliau berupaya menyimpan karya-karya kertas tersebut sebaik mungkin untuk generasi penerus seni rupa Indonesia.

“Saya berharap lebih banyak pecinta seni bisa mengapresiasi karya dengan media kertas. Karya menggunakan material kertas bagi saya sama kualitasnya dengan lukisan di atas kanvas. Jadi kanvas dan kertas sama saja yang terpenting kualitasnya sama,” kata Srihadi Soedarsono.

GalNas Srihadi Soedarsono 6a

Persiapan selama enam bulan untuk pameran akbar ini, menurut ketua panitia penyelenggara, Purwaty Lee Couhault “Kami bangga dapat mewujudkan pameran salah satu Living Legend seni lukis Indonesia, tokoh Revolusi Kemerdekaan RI serta seniman intelektual di Galeri Nasional Indonesia. Diharapkan pameran ini membuka cakrawala baru dalam memperluas ruang rupa publik seni, serta memperkaya ekspresi seni di Indonesia. Karya-karya yang dipamerkan memang hasil lukisan diatas GalNas Srihadi Soedarsono 1amedium kertas yang belum pernah dilakukan seniman lain.

Bapak Tubagus “Andre” Sukmana selaku Kepala Galeri Nasional Indonesia menyebut Srihadi Soedarsono sebagai seorang mahaguru dan figur teladan dalam kiprahnya pada dunia seni rupa Indonesia. Seorang seniman dengan disiplin yang tinggi dan intens berkarya dalam berbagai gagasan dan medium ekspresinya, dengan hasil yang selalu mengagumkan dengan pencapaian artistik yang tinggi.

Pameran ini didukung penuh oleh Galeri Nasional Indonesia, Sugar Group Companies, Gulaku, JJ Royal Coffee, Bank Mandiri dan Koran Jakarta, pemerhati seni rupa Indonesia, kolektor, rekan-rekan galeri serta berbagai rekan-rekan media.

Jadwal Pameran
12 – 24 Februari 2016
Pukul 10.00 – 19.00 WIB
Gedung A Galeri Nasional Indonesia

Forum Diskusi Bedah Buku
“Srihadi Soedarsono: 70 Years Journey of Roso”
Sabtu, 20 Januari 2016 ~ Pukul 11.00 WIB
Pembicara : Jim Supangkat & Prof. Dr. Bambang Sugiharto
Penanggap : Dr. Jean Couteau
Moderator : Dr. A. Rikrik Kusmara, M.Sn.

I-Now