Sheraton OliviaCulpo1

Cultural Journey | Olivia Culpo di Yogyakarta

Dalam kunjungannya di Yogyakarta, untuk kesekian kalinya, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa mendapat kehormatan menjadi tuan rumah atas kunjungan dari ikon kecantikan dunia ini.

Batik sebagai kebudayaan asli Indonesia berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam”. Culpo berkesempatan mengunjungi tempat industri Batik yang dulu lebih dikenal sebagai pelengkap pakaian orang-orang tua tapi kini batik juga menjadi bagian fashion generasi muda. Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober, sesuai dengan pengakuan dari UNESCO.

Culpo yang masih berstatus sebagai mahasiswi di Boston University ini adalah gadis keturunan Italia – Irlandia yang juga piawai memainkan alat musik gesek, Cello. Kepiawaiannya terbukti dengan keikutsertaan Culpo dalam beberapa grup orchestra ternama dunia, seperti Rhode Island Philharmonic Youth Orchestra, RI Philharmonic Chamber Ensemble, Bay View Orchestra, Rhode Island All-State Orchestra, dan Boston Youth Symphony.

Olivia Culpo, pemegang gelar juara terbaru kontes kecantikan ratu sejagad atau Miss Universe tahun 2012, menyambangi Kota Gudeg ini di awal bulan 7-8 Februari 2013. Gadis kelahiran 8 Mei 1992 ini datang ke Jogja sebagai bagian dari kunjungan Culpo ke seluruh belahan dunia setelah menyabet mahkota Ratu Sejagad dan juga kampanye kemanusiaan serta pengambilan gambar untuk beberapa iklan komersial global.

Tak hanya sendiri, Olivia Culpo juga akan menggandeng Puteri Indonesia 2013 terpilih, Whulandary Herman, yang resmi dinobatkan pada 1 Februari 2013 lalu, untuk menikmati betapa mengagumkannya Yogyakarta.

Keduanya akan bersama-sama menyapa para rekan media cetak-digital baik lokal maupun nasional dalam jumpa pers yang di host oleh Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa dalam balutan busana elegant cocktail dari Batik Nyonya Indo di Suko Wine Lounge pada pukul 10.00 paginya.

Berkunjung ke beberapa tempat yang menjadi daya tarik dan ciri khas Yogyakarta juga akan disambangi oleh para ikon kecantikan ini. Ansor’s Silver berdiri sejak tahun 1956 dan merupakan pionir dari industri pariwisata kerajinan tradisional perak yang melekat dalam kesatuan nama Yogyakarta, menjadi salah satu destinasi yang akan dikunjungi Olivia Culpo dan Whulandary Herman.

Selama berada di bangunan yang berada di kompleks tinggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1870 seluas +/- 3720 m2 di jalan Tegalgendu no. 28 Kotagede tersebut, keduanya akan diajak secara langsung melongok bagaimana sejarah kerajinan perak di kota gudeg ini dan bagaimana kerajinan nan rumit namun apik itu diproses.

Yogyakarta lekat pula dengan Bakpia, ikon makanan khas nya yang berbentuk bundar pipih yang berisi tumbukan kacang hijau. Di antara oleh-oleh lain, Bakpia memang yang paling popular. Berasal dari kata “tou luk pia” penganan asli daratan Tiongkok ini juga mempunyai sejarah yang menarik sampai akhirnya menjadi ikon oleh-oleh khas Yogyakarta.

Dalam kedatangan keduanya kali ini, Bakpia Djava yang berada di Jl. Adisutjipto km 8,5 – menjadi destinasi selanjutnya. Disana, Culpo & Whulandary akan disuguhi penganan lezat ini dan melihat serta berkecimpung langsung dalam pembuatan kulit, isi, pemanggangan, hingga pengemasan. Sebelumnya, acara penyambutan ala keraton, lengkap dengan prajurit yang membawa tombak-tombak akan dihadirkan khusus untuk tamu istimewa ini.

Sekembalinya dari kunjungan-kunjungan ke beberapa destinasi otentik Yogyakarta tersebut, keduanya akan langsung dipersilahkan masuk ke Taman Sari Royal Heritage Spa yang berada di lantai 3 dari Sheraton Mustika Yogyakarta, untuk menikmati perawatan alami ala puteri Keraton.

Perawatan tubuh dengan rempah ramuan alam dan metode pemijatan kuno warisan leluhur BRaY. Mooryati Soedibyo, akan menjadi relaksasi serta penyegaran tubuh kedua puteri cantik ini. Culpo dan Whulandary berada dalam Royal Villa Spa selama kurang lebih 2 jam, untuk setelahnya akan bersiap-siap untuk menghadiri jamuan makan malam di Mataram Grand Ballroom dalam balutan cantik kebaya anggun rancangan Anne Avantie.

Acara makan malam bertema Jawa yang menyuguhkan hidangan andalan dari resort ini menjadi ujung dan puncak acara dari keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh Miss Universe 2012 dan Puteri Indonesia 2013 di Yogyakarta.

Sebuah suguhan drama tari yang menggambarkan tokoh dewi kesuburan sang pemelihara dan megah-agungnya gunung Merapi, dihadirkan oleh ‘Pragina Gong’ dalam judul ‘Dewi Sri & Magnificent Merapi’. Balutan musik tradisi gamelan yang berpadu dengan modernitas instrument modern akan diaransemen apik oleh ‘Plenthong Konslet’ sebagai pemusik yang akan menghibur makan malam bersama Miss Universe 2012 tersebut.

Tak lupa, sentuhan cantik dekorasi yang unik berupa ‘tumpeng’ yang tersaji di tiap meja bundar para hadirinnya, memberi nilai lebih pada momen spesial itu.

Keseluruh untaian acara ini terselenggara berkat dukungan dari Miss Universe Organization, Yayasan Puteri Indonesia, Mustika Ratu, Bakpia Djava, Ansor’s Silver, Batik Nyonya Indo, Taman Sari Royal Heritage Spa dan juga Kencana Art Photography. Acara ini uga sepenuhnya didukung oleh media partners ‘Enchanted Moment with Olivia Culpo, Miss Universe 2012’; Media Indonesia, Majalah Sekar, Kabare, Fesyenesia, @JogjaUpdate dan Swaragama FM.

Sebelumnya Leila Lopes (2011), Ximena Navarrete (2010), Stefania Fernandez (2009) dan juga Riyo Mori (2007) pernah menyambangi resort dibawah naungan group Starwood hotels & resorts ini, kini giliran Olivia Culpo (2012) yang merasakan kenyamanan dan pelayanan sempurna dari hotel milik BRaY. Mooryati Soedibyo.

Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa
Jl. Laksda Adisucipto KM 8.7, Yogyakarta 55282, Indonesia
T – (62) 274 488 588   F – (62) 274 484 589
Visit more: www.sheraton.com/yogyakarta